Tips mengurangi rasa asin pada ikan asin. Sobat kebanyakan pada tau kan ikan asin, yaitu ikan yang telah diawetkan melalui proses penggaraman. Maka tak heran ikan ini sesuai dengan namanya (ikan asin) memiliki rasa yang asin sebagai efek dari penggaraman pada proses pengawetannya. Ikan asin biasanya sangat cocok disajikan dengan cara digorang dan dimakan dengan petai atau jengkol,,,woowww petai dan jengkool :))

Okey sahabat, pernahkah merasakan perbedaan rasa ketika makan ikan asin? Ada yang rasanya asin sekali, cukup asin, atau bahkan ada yang tidak terlalu asin rasanya. Yups, itu semua tergantung dari proses pengolahannya, untuk sobat yang ingin ikan asinnya tidak terlalu asin, saya punya tips turun temurun ni untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin. Ternyata sangat sederhana sobat, yaitu hanya dengan cara merendam ikan asin dalam air larutan garam.

Bahan: Air dan garam.

Alat: Mangkuk atau wadah sesuai kebutuhan.

Caranya: Tuangkan air ke dalam mangkuk (wadah sesuai dengan keperluan), kemudian larutkan sedikit garam, setelah garam larut sempurna lalu masukkan ikan asin ke dalam air larutan garam tersebut pastikan sampai terendam semua. Biarkan dalam rendaman sekitar satu jam. Setelah itu angkat ikan asinnya.

Cara ini telah lama dipraktekkan oleh ibu saya di kampung, dan ternyata memakai teori osmosis jika ditinjau dari sisi ilmiahnya,,,,**baru tau** Jadi itulah tips mengurangi rasa asin pada ikan asin. Sederhana bukan…. Selamat mencoba 🙂

Advertisements